Laman

Minggu, 28 Oktober 2012

PASAR


Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli.

Syarat-syarat pasar:
  • Adanya penjual dan pembeli.
  • Adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan.
  • Adanya interaksi antara penjual dan pembeli,
  • Adanya media atau tempat untuk interaksi penjual dan pembeli 
Fungsi Pasar:
  • pembentukan harga,
  • distribusi,
  • promosi,
  • penyerap tenaga kerja

Jenis-jenis pasar
  • Menurut wujudnya
  • Pasar konkret 
  • Pasarabstrak
  • Menurut waktunya
    • Pasar harian
    • Pasar mingguan
    • Pasar bulanan
    • Pasar tahunan 
    • Pasar temporer
  • Menurut luas wilayahnya
    • Pasar lokal
    • Pasar regional
    • Pasar nasional 
    • Pasar internasional
  • Menurut barang yang dijual
    • Pasar faktor produksi 
    • Pasar barang konsumsi
  • Pasar menurut strukturnya
    • Pasar persaingan sempurna, adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli, sehingga harga tidak bisa ditentukan oleh masing-masing penjual/pembeli.
      • Ciri-ciri:
        • penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan,
        • pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar sempurna,
        • penjual dan pembeli banyak, 
        • barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
    • Pasar persaingan tidak sempurna, pasar di mana jumlah pembeli lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penjualnya, sehingga pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual saja. Jenisnya:
      • Pasar monopoli ialah pasar yang dikuasai sepenuhnya oleh satu penjual (PLN, PT. KAI)
      • Pasar  Monopolistik struktur pasar di mana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama, tetapi dengan berbagai macam variasi. (sabun, pasta gigi, mie instant)
      • Pasar duopoli, yaitu pasar di mana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan. (minyak pelumas oleh Pertamina dan Caltex) 
      • Pasar oligopoli ialah pasar di mana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang (pasar motor oleh Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki)
Peranan pasar
  • peranan pasar bagi produsen,
  • peranan pasar bagi konsumen,
  • peranan pasar bagi pembangunan,
  • peranan pasar bagi sumber daya manusia.
Fungsi hubungan antara pasar dengan distribusi, yaitu:
  • fungsi pertukaran,
  • fungsi penyediaan fisik,
  • fungsi penunjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar