Laman

Senin, 24 September 2012

LINGKUNGAN HIDUP DAN PELESTARIANNYA

Pada hakikatnya setiap orang memerlukan suasana lingkungan yang sejuk, udara bersih, dan nyaman. Namun, karena aktivitas manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhan, kenyamanan, dan kesejukan udara yang diharapkan orang tidak terwujud, karena jalan-jalan sudah dipenuhi dengan deru mesin kendaraan dan udara pun sudah tercemari oleh asap. Bagaimanakah upaya yang dapat kita lakukan untuk memulihkan keseimbangan lingkungan agar kembali nyaman? Berikut ringkasan dari materi ini.
 
  1. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang baik langsung maupun tidak langsung memngaruhi perkembangan kehidupan manusia.
  2. Menurut UU No. 23 Th 1997, pengertian lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
  3. Unsur-unsur lingkungan hidup meliputi unsur hayati (biotik), abiotik, dan social budaya.
  4. Peran lingkungan bagi kehidupan adalah sebagai tempat mencari makan, tempat kelangsungan hidup, tempat tinggal, dan tempat aktifitas sosial.
  5. Kerusakan lingkungan hidup dapat disebabkan karena gejala alam dan karena ulah manusia.
  6. Faktor alam yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan adalah terjadinya berbagai bencana alam, seperti letusan gunung berapi, gempa, dan angin topan.
  7. Faktor ulah manusia yang menimbulkan  kerusakan lingkungan alam antara lain pembalakan liar, penggunaan bahan kimia berbahaya, perburuan liar, kegiatan industri yang membuang limbah sembarangan.
  8. Tujuan dan Sasaran Pembangunan Nasional adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  9. Hakikat pembangunan berkelanjutan (sustainable development) adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan pada saat sekarang tanpa mengorbankan kemampuan pemenuhan generasi yang akan datang.
  10. Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan secara umum dapat mengoptimalkan potensi dan peluang yang ada serta dapat meminimalisir ancaman serta dampak yang ditimbulkan, antara lain bisa sebagai berikut:
  • Menjamin pemerataan dan keadilan.
  • Menghargai keanekaragaman hayati.
  • Menggunakan pendekatan integratif.
  • Menggunakan pandangan jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar